Thursday, October 10, 2024

Kepala BNN RI Marthinus : Pencanangan Prabumulih Kota Bersinar Harus Jadi Role Model Daerah Lain


Prabumulih, muarasumsel.com - Gelar kunjungan kerja ke Prabumulih, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Dr Marthinus, sebut program Pencanangan Prabumulih sebagai Kota Bersinar (Bersih Dari Narkoba) harus jadi Role Model di Indonesia, Kamis (10/10/2024).


"Dari kunjungan saya ke Prabumulih ini, rasa-rasanya strategi saya sudah di aplikasikan disini, padahal belum dibentuk. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi sekali, karena adanya program ini (Prabumulih Bersinar, red), yang memanfaatkan nilai-nilai budaya dan mengedepankan gotong royong, serta strategi Pemerintah Daerah Prabumulih yang mengedepankan kolaborasi saya harap ini menjadi contoh dan saya minta ini dijadikan Role Model sehingga bisa diaplikasikan ditempat lain," terang Marthinus dalam sambutannya saat itu.

Sebab lanjutnya, melalui program tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahayanya penyalahgunaan narkoba. "Untuk itu mari bersama-sama menciptakan lingkungan bersih dan sehat tanpa narkoba karena hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan juga seluruh elemen masyarakat,” tuturnya saat itu. 

Masih kata dia, adanya Deklarasi tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat Prabumulih untuk aktif dalam program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba. "Ini  bagian komitmen kita untuk terus mencegah dan mengantisipasi serta memerangi narkoba bersama, dan kegiatan ini juga menunjukkan keseriusan BNN RI dalam menangani masalah narkoba di daerah, serta memberikan dukungan kepada pemerintah daerah untuk menciptakan Prabumulih yang lebih aman dan sehat," ungkapnya. 

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Drs H Edward Candra MH menambahkan, untuk memberantas narkoba tentu Pemerintah tidak bisa sendirian butuh dukungan dari semua pihak agar Sumsel terbebas dari bahayanya penyalahgunaan narkoba. "Kita semua sadar bahwa narkoba butuh penanganan serius untuk menjaga masa depan anak muda kita. Dan dalam upaya memberantas narkoba kita tidak bisa bergerak sendiri, untuk itu terima kasih kepada BNN dalam hal ini BNN yang ada di Provinsi Sumsel karena telah  memberantas peredaran narkoba, dan BNN juga telah banyak melakukan edukasi mengenai bahayanya penyalahgunaan narkoba," singkatnya saat itu. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih H Elman ST MM dalam sambutannya mengaku sangat berterima kasih dengan telah digelarnya deklarasi anti narkoba dan pencanangan Prabumulih sebagai kota bersinar. "Ini sejarah langkah dan bahagianya kami dengan kedatangan bapak Kepala BNN RI beserta jajarannya ini, semoga ini bisa membuat Prabumulih terhindar dari kejahatan narkoba, serta kami terus berupaya untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan BNN kota Prabumulih dalam memberantas penyalahgunaan narkoba hal itu terbukti dengan adanya desa-desa bersinar di Prabumulih,"tukasnya.

Kemudian untuk diketahui, acara yang digelar di Pendopoan Rumah Dinas Wali Kota Prabumulih tersebut tampak dihadiri oleh Kepala BNN Provinsi Sumsel Tri Julianto Djatiutomo SIk MM, Kepala BNN Prabumulih AKBP Pauzia SP MSi, Kajari Prabumulih Khristiya Lutfiasandi SH MH, Kapolres Prabumulih AKBP Endro Aribowo SIk MAP, dan tamu penting lainnya.(02)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!