Tuesday, August 27, 2024

Pj Walikota Prabumulih Resmikan Lomba Kreasi Pangan Olahan Buah Nanas

 


 foto: ist

Prabumulih, Muarasumsel.com - Penjabat Walikota Prabumulih H. Elman, ST., MM meresmikan Pembukaan Lomba Kreasi Pangan Olahan Tingkat Kota Prabumulih bertema “Inovasi Olahan Buah Nanas Sebagai Oleh-Oleh Khas Prabumulih” di Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Selasa (27/08/2024).

 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat khususnya anggota kelompok wanita tani dalam menginovasi pengolahan nanas yang memiliki nilai jual dan menjadi makanan khas Kota Prabumulih sebagai oleh-oleh.

Dari laporan yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sumarti, S.P., M.S, peserta yang mengikuti lomba tersebut merupakan tiga orang perwakilan dari kelompok wanita tani yang ditunjuk dari masing-masing kecamatan. Sedangkan jumlah pesertanya sendiri terdiri dari 18 anggota kelompok wanita tani.

 

Juri dalam perlombaan ini adalah Persatuan IKABOGA Kota Prabumulih, Perwakilan Indonesian Chef Association South Sumatera dan Persatuan Dharma Wanita Kota Prabumulih. Pemenang lomba akan mendapat Trofi, barang dan uang pembinaan.

“Kegiatan penyediaan pangan berbasis sumber daya lokal ini juga dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi ‘Stop Boros Pangan’ dengan melibatkan stakeholder yang merupakan kunci utama dalam menyelesaikan masalah pangan dan gizi,” ujarnya

 

H. Elman dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada peserta lomba pengolahan buah nanas sebagai bentuk dukungan terhadap kreativitas dan inovasi lokal. Kegiatan seperti ini tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal tetapi juga meningkatkan kesadaran akan potensi buah nanas sebagai bahan baku industri yang khas dari Kota Prabumulih.

 

“Produk olahan nanas ini harus kita publikasikan ke luar daerah sehingga orang-orang mengetahui jika nanas merupakan buah khas dari Kota Prabumulih. Dari segi kesehatan nanas ini juga sangat banyak manfaatnya dan pemasaran olahan nanas juga bisa meningkatkan pendapatan UMKM Kota Prabumulih,” tukas orang nomor satu di Kota Prabumulih ini.(Ril)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!