Tuesday, August 27, 2024

KPU Buka Pendaftaran Bakal Calon Wako dan Wawako Prabumulih, Pasangan Arlan-Frangky Langsung Daftarkan Diri Dihari Pertama


Prabumulih, Muarasumsel.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih hari ini Selasa, 27 Agustus 2024, secara resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Walikota (Wako) dan Wakil Walikota (Wawako) Prabumulih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kota Prabumulih tahun 2024. 


Dan dihari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon Wako dan Wawako kota Prabumulih itu juga, diketahui Pasangan H Arlan dan Frangky Nasril, telah datang dan mendaftarkan diri ke KPU Prabumulih sebagai calon Wako dan Wawako Prabumulih. 



Pantauan dilapangan, Iring-iringan Pasangan Calon (Paslon) H Arlan dan Frangky Nasril yang mendatangi KPU Prabumulih saat itu sekira pukul 14.00 WIB, dengan diiringi lantunan lagu dari Marching Band, serta ribuan peserta dari rombongan partai pengusung dan partai pendukung terlihat memadati jalan A Yani Kelurahan Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur saat itu, Selasa(27/8/2024). 

Lalu, tepat didepan pintu gerbang kantor KPU Prabumulih bagi pasangan calon yang hendak mendaftarkan dirinya akan disambut pihak KPU Prabumulih guna pemasangan Tanjak dan Pengalungan selendang.

Begitu juga bagi paslon H Arlan dan Frangky Nasril yang tiba didepan KPU Prabumulih saat itu langsung disambut Yasrin selaku Sekretaris KPU Prabumulih yang bertugas menyambut dan  memasangkan tanjak serta pengalungan selendang bagi pasangan calon yang hendak mendaftar. 



Selanjutnya, usai mengisi daftar hadir, paslon beserta perwakilan timnya memasuki ruang pendaftaran bakal calon Wako dan Wawako Prabumulih, guna menyerahkan berkas pendaftaran dan persyaratan dari pasangan calon yang mendaftar.

Dalam ruang pendaftaran, Koordinator Partai Pengusung Aryono menyebutkan, pihaknya sudah lama mempersiapkan pencalonan untuk Pilkada Serentak 2024 ini. "Kami dari awal sudah lama ingin mencalonkan calon dari partai Gerindra dan Hanura ini dari tahun 2022. Alhamdulillah hari ini tercapai dan mohon kepada pihak KPU dan Bawaslu mohon berilah perlancarkan didalam urusan kami. Disini juga kami laporkan bahwa kami partai Pengusung ada 4 yakni Partai Gerindra 4 kursi, Partai Hanura 2 kursi, PAN 2 Kursi, PBB 1 kursi, serta kami ada 7 partai pendukung yaitu partai Garuda, Partai Gelora, PKN, Partai Prima, PKB, Partai Buruh, dan Partai Umat, itulah yang dapat kami sampaikan dan kami laporkan pada hari ini," ujarnya dihadapan Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Prabumulih serta pihak terkait lainnya yang ada diruang pendaftaran KPU Prabumulih saat itu.

Selanjutnya, ditempat yang sama, H Arlan yang memberikan sambutan menyampaikan rasa terima kasih atas telah diterimanya berkas pendaftaran dirinya bersama Frangky Nasril oleh KPU Prabumulih saat itu. "Alhamdulillah kita  masih diberikan nikmat sehat hingga bisa datang dan mendaftar di KPU Prabumulih ini, serta terima kasih banyak juga karena kami telah dipermudah dalam mengurus dokumen, dan dalam mengikuti proses pendaftaran ini," ucapnya dalam sambutan saat itu.

Sedangkan, ketika diwawancarai awak media H Arlan menambahkan, dirinya sangat berterima kasih kepada seluruh partai pendukung dan pengusung yang telah mengantarkan dirinya untuk mendaftar di KPU ini. "Untuk target insyaallah target kita 70 persen, yang penting semuanya mendukung dan mensupport cak untuk perubahan di kota Prabumulih ini insyaallah. Dan berkas kita dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Prabumulih," tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU kota Prabumulih, Marta Dinata, mengungkapkan, KPU Prabumulih pada hari ini telah membuka pendaftaran bagi pimpinan partai politik yang hendak mendaftarkan calonnya sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih.

"Pimpinan partai politik yang bakal mengusung bakal calon Wako dan Wawako Prabumulih 2024. Nah, KPU pada hari ini menerima salah satu pimpinan partai politik untuk mendaftarkan calonnya dengan menyampaikan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Dan hari ini kami melakukan penilaian dengan satu tolak ukur, yakni lengkap atau tidak lengkap. Berdasarkan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon yang (diserahkan, red) kami nyatakan lengkap untuk pasangan H Arlan-Frangky Nasril," terangnya dalam sambutan saat itu.

Masih dikatakan, Marta Dinata, selanjutnya bagian dari proses pendaftaran tersebut ada yang namanya pemeriksaan kesehatan dan rumah sakit yang ditunjuk KPU Prabumulih yakni Rumah Sakit Mochammad Husein (RSMH) Palembang. "Untuk jadwal pemeriksaan itu (bagi paslon H Arlan-Frangky, red) sudah kita dapatkan yakni tanggal 28 Agustus 2024 atau tepatnya besok hari dan kami akan menerima bakal calon ini di RSMH pukul 07.00 WIB. Dan semua rangkaian kegiatan di RSMH dilakukan oleh tim RSMH tersebut," tegasnya. 

Dalam kesempatan itu juga, Marta Dinata yang saat itu didampingi 4 komisioner KPU lainnya mengajak semua elemen masyarakat Prabumulih untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2024 ini. "Kepada semua juga kami mohon doanya sehingga kami bisa menyelenggarakan pemilu ini dengan lancar dan sukses," pungkasnya. (01)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!