Wednesday, July 3, 2024

Tingginya SILPA APBD 2023, Ketua DPRD Sutarno: Ini Harus Jadi Pembelajaran

 


Prabumulih, Muarasumsel.com – Ketua DPRD Kota Prabumulih Sutarno SE, M.IKom minta Pemkot Prabumulih analisa ulang apa penyebab tingginya SILPA ( Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) pada APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Prabumulih tahun 2023 yang mencapai Rp183 miliar.

Tingginya SILPA tahun 2023 itu tentu menarik banyak perhatian, pasalnya jumlah SILPA di tahun sebelumnya yakni berjumlah Rp140 miliar, sedangkan di 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp43 miliar sehingga menjadi Rp183 miliar.

“SILPA di tahun 2022 itu Rp140 miliar, sedangkan di 2023 jadi Rp183 miliar. Kenaikan SILPA ini tentu sebagai pembelajaran ke depan, sebab penyerapan anggarannya ini masih rendah,” kata Sutarno kepada wartawan saat itu.

Tingginya angka SILPA ini menurutnya tentu dipengaruhi beberapa faktor. Namun, hal itu yang harus dievaluasi kedepannya. “Ini menunjukkan penyerapan anggaran oleh OPD masih kurang optimal. Faktornya salah satunya bisa kegiatan yang tidak terlaksana karena waktu mepet. Dan setelah kita bahas di Banggar itu ternyata hampir seluruh OPD SILPA, sehingga angkanya mencapai RP183 miliar,” bebernya.

Sedangkan usai pelaksanaan Rapat Paripurna saat itu, Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, ketika diwawancarai  menyebutkan tingginya SILPA tersebut karena banyaknya pekerjaan yang tidak terlaksana di setiap OPD. "Tentu adanya SILPA ini akan kita evaluasi kedepan, setiap OPD. Apa karena waktunya sudah mepet atau bagaimana nanti kita evaluasi," pungkasnya.(*)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!