Saturday, June 1, 2024

Target Tuntaskan Kemiskinan Ekstrim, Pj Wako Prabumulih Kembali Sambangi Balita Stunting

Foto: muarasumsel.com

Pj Wako Prabumulih saat menyerahkan bantuan kepada keluarga Balita Stunting, Jumat(31/05/2024).


Prabumulih, Muarasumsel.com - Target tuntaskan masalah kemiskinan ekstrim di Prabumulih, Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih H Elman ST MM kembali sambangi keluarga Balita Stunting di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tanjung Raman Kota Prabumulih Sumatera Selatan, Jumat(31/05/2024).


Bersama seluruh Kepala OPD dan jajaran Pemkot Prabumulih Pj Wako melakukan kunjungan ke tiga keluarga balita stunting di tiga lokasi yang berbeda. Lokasi pertama berada di Jalan Sindang Lurah RT. 002 RW. 004 Kelurahan Tanjung Raman, lokasi kedua di jalan Tromol RT. 004 RW. 003 Kelurahan Sukaraja, dan lokasi ketiga di jalan Bukit Lebar RT. 003 RW. 004 Kelurahan Majasari. 




Selain mengecek kondisi keluarga Balita Stunting, kunjungan orang nomor satu di Prabumulih tersebut juga menyerahkan secara langsung bantuan berupa bahan pokok serta apa-apa saja yang dibutuhkan keluarga tersebut seperti perbaikan WC, Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan bantuan Bedah Rumah Layak Huni yang diterima saat itu.

Pj Walikota Prabumulih H Elman ST MM ketika diwawancarai mengatakan, masalah kemiskinan ekstrim, stunting dan inflasi merupakan program pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten / kota. 





"Jadi wajib, wajib dalam artian pemerintah wajib melihat perkembangan anak-anaknya yang terdapat stunting, kewajiban itu ya pemerintah harus melayani baik dari posyandunya, camat, lurah, dinkes, menyeluruh lah termasuk dari Dinas Perkim yang saat ini sudah membantu perbaikan WC untuk satu keluarga balita stunting ini. Sedangkan keluarga balita lainnya itu ada yang dapat rumah dari Baznas, dan ada yang dapat bantuan rumah RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa)," ungkap Elman usai menyambangi rumah ketiga keluarga balita stunting saat itu.

Masih kata Elman, Ini lah bentuk kepedulian pemerintah terhadap kemiskinan ekstrim, stunting yang ada di Prabumulih. "Ini terus kita sikapi, sehingga semakin cepat pemerintah mengantisipasi, melayani, diharapkan stunting di Prabumulih semakin cepat dapat dibereskan. Namun, meski begitu peran orang tua juga harus yang utama, ya orangtua balita tersebut juga harus rajin mengontrol anaknya ke posyandu, atau ke puskesmas terdekat sehingga tau perkembangan anaknya nanti, dan ini semua kita monitor setiap satu minggu sekali,"tukasnya.(adv/01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!