Friday, May 31, 2024

Pj Wako Elman Serahkan Kunci Rumah RITTA


Prabumulih, Muarasumsel.com - Penjabat Walikota Prabumulih H. Elman, ST, MM menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada pemilik rumah Blok A1 Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) yang didampingi oleh (PPK Satker Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V), Dinda Alya Shafira, ST, (PPSPM Satker Balai P2P Sumatera V), Ibu Suci Orian Sari, ST dan beberapa Kepala OPD lainnya, yang berlokasi di kompleks Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, Jum'at (31/5/2024). 


Kementerian PUPR dan PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) berkolaborasi dalam pembangunan RITTA (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa) bagi kelompok berpenghasilan rendah di Kota Prabumulih.

Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) diperuntukan untuk Komunitas Pemulung, Disabilitas, Kuli Panggul, Sol sepatu, dan Tukang becak. 

Dalam Program RITTA, pihak Pemerintah Kota Prabumulih menyiapkan tanah seluas dua hektar untuk lokasi pembangunan 100 unit rumah tahan gempa.

Rumah-rumah tersebut dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR.

Pembangunan rumah tahan gempa RISHA yakni rumah inti tipe 18 yang bisa dikembangkan lagi dengan luas kavling 6 x 12 meter atau 72 meter persegi.

H. Elman, ST, MM saat diwawancarai mengungkapkan bahwa rumah yang diperuntukan untuk kelompok berpenghasilan rendah bisa dimanfaatkan dengan baik. 

"Rumah ini jangan diperjual belikan, sebaiknya dihuni dan dirawat dengan baik dan banyak bersyukur."tukasnya.(*)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!