Tuesday, March 5, 2024

Kajari Roy Riady Ingatkan Kepsek Di Prabumulih Tak Jadikan PPDB Ladang Bisnis

 


//Sosialisasi PPDB Bebas KKN 


Prabumulih, Muarasumsel.com - Jadi Narasumber di Sosialisasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tingkat SMP se-kota Prabumulih, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Prabumulih Roy Riady SH MH ingatkan Kepala Sekolah (Kepsek) untuk tak berbisnis di sekolah.

Bertempat di aula Hotel Gran Nikita kota Prabumulih, kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih tersebut diikuti oleh Kepala SMP Negeri dan Swasta se-kota Prabumulih. 

Dikatakan, Roy, salah satu masalah terbesar yang ada di Indonesia itu adalah masalah korupsi. Oleh karena itu, kenapa korupsi selalu pihaknya sosialisasikan. "Nah, tak terkecuali di lingkungan sekolah juga, maka dari itu tujuan dari adanya sosialisasi PPDB Bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) ini diharapkan di sekolah tidak ada lagi Pungli (Pungutan Liar), terutama pada saat penerimaan siswa baru yang mungkin malah dijadikan bisnis," tegas Roy saat menyampaikan materi pembuka kegiatan sosialisasi PPDB saat itu, Selasa(5/03/2024).

Sebab, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) RI ini, penyelenggara sekolah harus paham betul bahwa pungli di sekolah itu tentu melanggar aturan. "Sifatnya yang tidak ada resmi pungutan-pungutan itu pungli, apalagi acara-acara perpisahan seperti itu karena tidak semua kegiatan-kegiatan itu orang tua tu mampu. Jadi Dinas Pendidikan, Sekolah itu harus paham bahwasannya dunia pendidikan itu jangan sampai ada program-program kegiatan yang bisa menimbulkan pungli kasihan lah orangtua," terang Roy kepada awak media saat itu.

Disinggung soal kemana tempat pengaduan, apabila masyarakat nantinya mendapati adanya aksi pungli disekolah ?. Roy menegaskan, pihaknya membuka diri bagi masyarakat yang hendak melapor apabila mendapati adanya pungli disekolah. "Kalau ada temuan, kita tindak lah, dan tinggal lapor ke Kejaksaan kalau ada pungli," tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih Ridwan SPd MSi, saat dibincangi menuturkan kegiatan sosialisasi PPDB tersebut diikuti oleh seluruh Kepala SMP Negeri dan Swasta sekota Prabumulih. "Isi pembahasan ini ya soal sosialisasi PPDB untuk tahun 2024/2025, dan itu sudah ada instruksinya," tukasnya singkat.(01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!