Monday, October 16, 2023

Momentum HUT Prabumulih Ke-22, Warga Minta Gas Kota Yang Merata



foto : Muarasumsel.com

Prabumulih, Muarasumsel.com - Tepat di tanggal 17 Oktober 2023 mendatang Kota Prabumulih genap berusia ke-22 tahun. Meski usia tak lagi muda, namun semangat bertumbuh kota Prabumulih melalui roda Pemerintahannya patut diacungi jempol.

Itu terbukti dari lahirnya program-program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih yang sangat menyentuh ke masyarakatnya. Beberapa program unggulan itu diantaranya 40.000 sambungan Jaringan Gas Rumah Tangga Gratis, yang saat itu digagas oleh pasangan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih periode 2019-2023 Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH.

Untuk itu, diusia kota Prabumulih yang bisa dibilang memasuki usia yang matang, alangkah baiknya bila program-program tersebut tetap dilanjutkan secara optimal. Mengingat program tersebut sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, ditambah lagi jumlah penduduk di Bumi Seinggok Sepemunyian ini juga terus mengalami peningkatan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Prabumulih, tentu peran Pemerintah Setempat sangat diharapkan.

Terkhusus di program sambungan jaringan gas rumah tangga yang banyak diharapkan masyarakat untuk kembali dioptimalkan sehingga nantinya dapat dirasakan seluruh masyarakat Prabumulih bahkan hingga ke pelosok Desa.

Novika (31), warga Kelurahan Anak Petai Kecamatan Prabumulih Utara yang sekaligus pelanggan gas kota ini mengaku sangat terbantu dengan  adanya program gas rumah tangga tersebut. "Dari awal dipasang sampe sekarang kami masih pakek gas kota ini. Terbantu nian dengan adonyo sambungan gas ini, oleh sebelumnyo kami pakek gas tabung 3 Kg yang sering langkah, susah nyarinyo jadi repot kalo tibo-tibo pas bemasak abes gas. Nah, semenjak ado gas kota ini kami idak repot lagi nyari gas melon, samo bayarannyo stabil sesuai pemakaian kito nian," akunya seraya mengatakan diawal-awal saja ada salah data soal pembayaran tapi setelah diperbaiki semuanya lancar.

“Untuk api gasnyo jugo idak pernah ngangguan, bagus Alhamdulillah selamo ini belum pernah terjadi apinyo kecik nian,” bebernya.

Ditanya apa harapan kedepan bagi program-program Pemkot Prabumulih ?. Ibu satu anak ini menyebutkan, semoga Prabumulih semakin maju lagi, semua masyarakat sejaterah dan merasakan semua program pemerintah tanpa terkecuali. "Begitu jugo untuk gas kota ini, semoga kedepan lebih optimal lagi, ditambah lagi sambungan gas ini sampe ke Desa-Desa, karena ado keluarga kita yang di kota ini belum dapat gas kota apalagi di pedalaman Desa. Dan keluhan-keluhan warga soal pembayaran yang dak sesuai juga biso cepat selesai. Karena kasian warga yang benar-benar membutuhkan jadi terhambat karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," harapnya saat itu ketika diwawancarai wartawan, Minggu (15/10/2023).

Ditempat berbeda, hal senada juga disampaikan Fitriani (28), warga Kelurahan Tanjung Raman Kecamatan Prabumulih Selatan ini mengaku sangat terbantu dengan adanya gas kota yang telah masuk ke rumahnya. “Gas kota Alhamdulillah la ado galo daerah sini. Untuk sekarang Alhamdulillah jugo aman-aman bae,” tuturnya.

Ditanya didaerah mana saja yang belum ada gas kota tersebut?. Wanita berhijab ini mengaku salah satu Desa di Kecamatan Prabumulih Selatan ada sebagian rumah warga yang belum terpasang. “Pernah dengar di Desa Tanjung Menang itu kabarnyo sebagian ado yang belum masuk gas kota ini,” Terangnya sambil menyayangkan bila jaringan gas kota kedepannya tak kunjung masuk kesana.

Sebab lanjutnya, bila menggunakan tabung gas elpiji 3 Kg atau gas melon tentu memakan banyak biaya. Sedangkan, bila menggunakan gas kota ini bisa lebih hemat. “Sekarang gas 3 kg itu kalau tidak salah sekitar Rp 25 ribu di pasaran. Itu bae sebulan kurang  1 tabung kalau pemakaian banyak. Tapi kalau pakai gas kota ini lebih hemat lah bayaran sebulannyo, tinggal sesuai pemakaian dan yang pasti idak repot cari-cari gas lagi,” Gumamnya seraya menyebutkan jadi kasian bagi warga yang belum dapat gas kota ini dan semoga program ini lanjut lagi sampai tuntas.

Informasi yang berhasil dihimpun dari laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI menyebutkan bahwa, sekitar 86 persen warga Prabumulih telah menikmati jaringan gas (Jargas) rumah tangga ini. Yang mana, pertama kali kota Prabumulih menerima pengembangan jargas tersebut pada tahun 2012 yakni sebanyak 4.650 SR, tepatnya di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, mendapat gas untuk rumah tangga. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene secara bersamaan oleh Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo didampingi Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin, Dirjen Migas Kementerian ESDM, Edi A. Hermantoro dan Walikota Prabumulih, Ridho Yahya. Sabtu (20/7/2013).

"Jaringan gas rumah tangga ini merupakan program dari pemerintah dalam rangka menggalakkan program konversi BBM ke gas, karena pemanfaatan gas lebih bersih, lebih efisien ramah lingkungan dan lebih murah," ujar Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo saat itu.

Program ini lanjut Wamen, merupakan program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak bumi dan ini merupakan salah satu usaha pemanfaatan gas bumi untuk lebih optimal selain gas untuk transportasi, pembangkit dan industri. Program konversi BBM ke gas untuk rumah tangga merupakan salah satu program prioritas nasional Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM.

Kemudian berlanjut di tahun 2016 Prabumulih kembali mendapatkan 32.000 SR dan terakhir 6.018 SR di tahun 2018, dengan pada saat itu Menteri ESDM Ignasius Jonan yang meresmikan tambahan jargas terakhir di kota Prabumulih itu. Jadi total jargas rumah tangga di Kota Prabumulih sebesar 42.668 SR atau 86 persen.

Dengan rincian Desa maupun kelurahan yang tersambung jaringan gas kota pada pembangunan 6.018 SR meliputi Desa Karangan sebanyak 300 SR, Desa Talang Batu 328 SR, Desa Karang Bindu 887 SR, Karang Mulya 459 SR, Tanjung Telang 463 SR, Payu Putat 877 SR, Patih Galung U9 200 SR, dan Patih Galung SP sebanyak 240 SR.

"Selama ada pipa transmisinya, maka pembangunan jargas akan cepat direalisakan karena Pemerintah mengoptimalkan potensi sumber daya alam setempat," ujar Jonan saat itu.

Kementerian ESDM menugaskan PT Pertamina (Persero) melalui afiliasinya PT Pertamina Gas dan PT Pertagas Niaga untuk mengoperasikan dan mengembangan jargas di Prabumulih. Provinsi Sumatera Selatan sendiri sampai akhir tahun 2018 telah dibangun jargas sebanyak 75.952 SR. Selain di Prabumulih, pembangunan tersebut tersebar di Kabupaten Musi Rawas, Kota Palembang, Kab. Ogan Komering Ilir, Kab. Musi Banyuasin, Kab. Muara Enim dan Kab. Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Sebagai informasi, hingga tahun 2018 telah dibangun 463.440 SR jargas dimana pada tahun 2018 termasuk 89.727 SR yang dibangun melalui penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara. Sebagai informasi, syarat pembangunan jargas antara lain dekat dengan sumber gas/infrastruktur pipa gas, spesifikasi gas bumi terpenuhi, terdapatnya potensi pasar pengguna, adanya komitmen Pemerintah Daerah dan telah memenuhi kaidah keselamatan dan keteknikan.

Meski belum rampung seluruhnya, namun atas keberhasilan program jargas tersebut, menghantarkan Pemerintah Kota Prabumulih meraih Penghargaan Innovative Government Award 2020 sebagai Pemerintah Kota yang sangat inovatif dari Menteri Dalam Negeri yang diserahkan oleh Sekeretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia  Dr Ir Muhammad Hudori M.si di Golden Room Hotel Sultan Jakarta. Yang mana penghargaan kepada Pemerintah Kota Prabumulih merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah/kota dalam penyelenggaraan pemerintahanan dengan cara-cara inovatif. Melalui penilaian dan penghargaan IGA tersebut, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah di daerah untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan di daerah. Dan Rekor Muri sebagai Kota Dengan Jaringan Gas Rumah Tangga Dengan Persentase Tertinggi tahun 2022, Rehabilitasi Rumah Ibadah Terbanyak Dalam Waktu 10 Tahun di tahun 2022, Pemberian Insentif kepada Jenis sosial terbanyak tahun 2022, Isbat nikah terbanyak di Indonesia tahun 2016, Bangun ratusan rumah baru warga miskin tanpa menggunakan APBD tahun 2016, dan di tahun 2017 Wisuda akbar Baca Tulis Alquran (BTA) tingkat SD, Madrasah Ibtidaiyah, SMP dan Madrasah Tsanawiyah oleh MURI Indonesia, dan Kegiatan bakti sosial kesehatan serentak dengan jenis layanan terbanyak tahun 2022, yang saat itu diterima langsung oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri SH.

Nah, oleh karena itu alangkah disayangkannya bila program unggulan Pemkot Prabumulih yang sangat menyentuh ke masyarakat tersebut tidak dirasakan oleh seluruh masyarakat Prabumulih disemua lini baik warga kota maupun warga di pelosok Desa.

Di momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Prabumulih ke-22 ini, tepatnya pada 17 Oktober 2023 mendatang, besar harapan masyarakat Prabumulih agar kiranya program jargas tersebut dapat kembali dijalankan hingga 100 persen, sehingga nantinya seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari adanya gas kota tersebut.

Begitu juga dengan program unggulan lainnya seperti Bedah Rumah Tak Layak Huni, Rumah Gratis Bagi Komunitas Penyapu Jalan, Pemulung dan Tukang Becak, Insentif RT/RW, Pemandi Jenazah, dan pekerja sosial lainnya, serta Pembangunan Tempat Ibadah dan masih banyak lagi program unggulan lainnya, diharapkan dapat berjalan optimal dan merata bagi seluruh masyarakat Prabumulih. Sehingga tidak ada masyarakat yang merasa pilih kasih dengan adanya program tersebut.

Informasi dihimpun, adapun berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkot Prabumulih tahun 2023, Ada 15 program yang digagas pasangan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH, di masa kepemimpinannya, yakni :

1.      Penolakan Eksplorasi Tambang Batubara

2.      Pembangunan Jaringan Gas Rumah Tanga / Gas Kota

3.      Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni

4.      Pelatihan, Pembekalan dan Bantuan Alat Usaha

5.      Pembangunan dan Rehabilitasi Tempat Ibadah

6.      Wajib Shalat, serta Baca dan Tulis Alquran

7.      Khitanan Ke Rumah Warga

8.      Isbat Nikah

9.      Pemberian Insentif Pekerja Sosial

10.  Mobil Jenazah Gratis

11.  Pengembangan UKM

12.  PEP AKAMIGAS

13.  Pembangunan Rumah Komunitas

14.  Kota 1000 Bioflok

15.  Pengetasan Kemiskinan

 

Tak hanya itu, pembangunan di kota Prabumulih bisa dibilang memang begitu pesat dari tahun ke tahunnya. Hal itu terbukti dengan adanya Fly Over Patih Galung, Stadion Sepak Bola, Islamic Center, dan Rusunawa di Jalan Lingkar, Kantor Pengadilan Agama, Kantor Kejaksaan Negeri Prabumulih, Mall Pelayanan Terpadu di PTM II, serta proyek pembangunan Akamigas dan masih banyak lagi. Dan hal itu tentu tidak lepas dari peran seluruh Sektor Pemerintah Kota Prabumulih yang kompak dan komitmen bersinergi dalam membangun Bumi Seinggok Sepemunyian ini menjadi lebih baik lagi.

Seperti disampaikan Ketua Pengadilan Agama Kota Prabumulih Lukmin S.Ag ME, menyebutkan Prabumulih yang disebut juga kota Nanas semakin hari semakin berkembang pesat. Dan pembangunan Prabumulih terus berjalan. “Alhamdulillah kota Prabumulih semakin hari semakin baik, dengan semangat hari jadi Kota Prabumulih ke-22 tahun 2023 kita lanjutkan pemerintahan dan pembangunan kota prabumulih menuju masyarakat yang sejahtera,” sebutnya dalam video ucapan hari jadi kota Prabumulih yang di upload akun resmi Diskominfo Kota Prabumulih, Minggu (15/10/2023).

Selain ketua Pengadilan Agama Kota Prabumulilh, berbagai ucapan hari jadi kota Prabumulih juga turut disampaikan oleh Dandim 0404 Muara Enim, DanYon Zipur 2/SG Kota Prabumulih, Danramil 404-02 Prabumulih, Penjabat Bupati Empat Lawang, Managemen Citimall Prabumulih, Kepala LPP TVRI Sumsel, dan Ketum DPP IWOI.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya Pj Walikota Prabumulih H Elman menegaskan Program-Program di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih bakal terus berjalan. Hal itu disampaikan Elman ketika diwawancarai awak media diruang kerja Pj Walikota Prabumulih beberapa waktu lalu.

“Ya sebagai abdi negara kami siap untuk menjalankan tugas, disini kita bukan berbicara masalah perasaan tapi masalah pekerjaan yang harus dituntaskan. Dan rencana kita kedepan program seperti bedah rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni itu tetap berjalan. Alasannya ya tentu gagasan dari pak Wali Ir H Ridho Yahya MM dan Wawako H Andriansyah Fikri SH tersebut merupakan program yang sangat baik dan sudah dirasakan oleh masyarakat Kota Prabumulih,” terangnya.

 

Maka dari itu lanjutnya, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kota Prabumulih, baik dari bidang kesehatan, ekonomi, infrastruktur, pertanian, pendidikan dan lain sebagainya. Dan itu semua dapat terwujud apabila bersama-sama dalam menyelesaikan segala permasalahan tersebut dan itu butuh dukungan dari seluruh warga Prabumulih

Ditanya, apakah program-program tersebut benar-benar layak dilanjutkan?. Pria yang sebelumnya menjabat Sekda Kota Prabumulih ini menyampaikan program pembangunan rumah layak huni bagi warga tidak mampu tersebut sangat layak untuk dilanjutkan. "Ya selagi memang benar-benar diperuntukan bagi yang semestinya, layak karena membantu warga kita dan ini juga merupakan salah satu cara kita mengurangi kemiskinan," katanya.

Selain itu, Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST MM yang mulai menjalankan tugasnya, memastikan tak ada perombakan OPD, Selasa (19/9/2023). "Tidak ada (perombakan OPD, red), kita itu harus bekerja," tuturnya ketika diwawancara wartawan saat itu.

Sebab lanjut dia, perombakan itu hanya akan menghabiskan waktu saja. "Rombak sana sini itu nanti habis waktu, yang ada di sini sama saja, kita kerja," tegasnya. Lebih lanjut ditanya mengenai program seratus hari kerja. Elman menuturkan akan fokus menurunkan stunting, penurunan inflasi serta kosubga KPK.

"Itu jadi program utama, dan itu dari pak menteri. Apalagi musim seperti ini harus tetap waspada, pangan koordinasi kita di lapangan bahan pokok itu terus hari kami pantau," tukasnya.

 Seperti diketahui, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih, H Elman ST MM resmi menjabat Pj Wako Prabumulih setelah dilantik oleh dilantik oleh Gubernur Sumatera H Herman Deru di Griya Agung, Senin 18 September 2023.(01)

 

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!