Tuesday, April 18, 2023

Isi Kekosongan Jabatan, Ridho Lantik Ratusan ASN Di Lingkungan Pemkot Prabumulih


Foto : Muarasumsel.com
Walikota Prabumulih Ridho Yahya bersama ASN yang telah dilantik saat itu.


Prabumulih, Muarasumsel.com - Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM melantik serta mengambil sumpah sekitar 150-an Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Prabumulih di Gedung Kesenian komplek Rumah Dinas kota Prabumulih, Selasa (18/04/2023).


Ratusan ASN yang dilantik tersebut diantaranya jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, jabatan Administrator, jabatan Pengawas dan jabatan Fungsional di lingkungan Pemkot Prabumulih. 

"Ini pengisian job-job kemarin, seperti pelantikan kepala dinas yang sudah lama kosong kito isi, sudah itu jugo ado lurah-lurah pemekaran kito isi, sebenarnya hanya banyak ngisi yang kosong," Ujar Ridho usai melantik ratusan ASN saat itu.

Lebih lanjut suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini menjelaskan, ini ada juga dilakukan pemindahan. "Ya yang sedikit-sedikit mereka tidak klop dengan kepala dinasnya kita geser dulu, ada yang seperti itu, misalnya dia tidak patuh dengan kepala dinasnya, nah kita takut bermasalahkan nantinya, karena semestinya dia patuh sama kepala dinasnya. Sebab saat itu kepala dinasnya di percaya, jadi kalau makin banyak pegawai kasi atau lainnya tidak patuh dengan kepala dinasnya untuk hal-hal yang baik ini ya, nanti mereka ngerompet kemana-kemana, apolagikan pegawai negeri ini kan disumpah merahasiakan sesuatu yang sifatnya rahasiakan, jadi supaya jangan terjadi gejolak di dinas tersebut makanya ada yang harus ngalah dulu," Terangnya. 

Ditanya apakah banyak yang seperti itu ?dikatakannya, ada beberapa yang seperti itu tidak banyak paling satu dua saja. "Tapi kalau kepala dinasnya mau menjalankan programnya, tapi staffnya disuruh begawe dak mau, masuk jarang, ditegor dak bisa, pening la kepala dinasnya, itu hal yang menjadi pemikiran kita," Tegas Walikota Prabumulih Dua periode ini. 

Meski demikian, dirinya berharap dengan dilakukannya pergantian di lingkungan Pemkot Prabumulih tersebut, ASN yang dilantik bisa bersyukur dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. "Harapan kita untuk yang dilantik, ya syukuri apa yang ado, esselon IV syukuri yang ado siapo tau naik esselon III, bagi esselon III syukuri yang ado nanti biso jadi naik Esselon II. Bagaimana mensyukurinya ya itu tadi disamping disyukuri dengan alhamdulillah, syukuri dengan perbuatan, begawe yang rajin, tunjukkan contoh yang baik, layani masyarakat dengan baik, selesaikan tugas dengan cepat tepat, insyaallah nanti naik. Seperti tadi itu dia tadinya staff di kasi di Tapem, tapi karena SPN kita meraih nomor 2 terbaik di indonesia, dia masuk jadi kabid, jadi kalau mereka memberikan yang terbaik kita berikan reward seperti itu, supaya merangsang mereka untuk membuat yang terbaik lagi kedepannya," Ungkapnya.

Disinggung soal apakah ini bakal jadi pelantikan terakhir dirinya ?. Ditegaskannya, belum terakhir. "Sebulan lagi mungkin ado pelantikan lagi, kami batas september bisa melantik. Karena kami kan abis jabatan tidak ada kepentingan lagi," Tandasnya.  

Sedangkan, ditempat yang sama, Kepala BKPSDM, Benny Rizal SH MH menambahkan, pelantikan hari ini kurang lebih hampir 150 an ASN, terdiri dari esselon II, esselon III A, esselon IV A, esselon IV B, Kepala Sekolah, Lurah, dan Camat. "Jadi untuk Lurah pemekaran itu sudah terisi semua, tinggal lurahnya cari siapa seklurnya, siapa kasi-kasinya kan itu mereka nanti yang cari," Kata Beny  seraya menyebutkan ada 8 kelurahan pemekaran.

Sementara untuk Esselon II itu ada 5 yang sudah terisi. "Tinggal 3 lagi yang belum diisi karena lagi tahapan Assesment yakni di Staff Ahli Walikota, di DPMPTSP dan satu lagi di BKD. 
Belum dilanjutkan karena masih assesment, sedangkan kalau mau dilanjutkan saat ini masih bulan puasa. Jadi mungkin lanjutan sudah lebaran ini wawancara, kemudian pengumuman 3 besar, nanti baru diusulkan. Dan tahapan itu ditentukan oleh panitia panselnya karena ada timnya. Sedangkan, untuk yang sebelumnya jabatannya diisi oleh Plt juga sudah kita definitifkan, seperti di Dinas Perkim, Kesbangpol, Dinas Pendidikan, Pertanian, dan Sat Polpp itu sudah definitif," Tukasnya.(01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!