Monday, February 27, 2023

Janji Bisa Beri Proyek Senilai Rp1 Milyar, Oknum PNS Muara Enim Tipu Salah Satu Kontraktor Asal Prabumulih


Foto : Muarasumsel.com
TERSANGKA Mahmudin (46) saat diperiksa Kanit Reskrim Polsek Prabumulih Timur IPDA Haryoni. 


Prabumulih, Muarasumsel.com -  Mahmudin (46), warga jalan Bukit Baru RT 04 RW 05 Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat 2 Kota Palembang ini tak bisa berkutik saat diamankan Tim Opsnal Polsek Prabumulih Timur, Minggu (26/02/2023) lalu. Pasalnya, pria yang berprofesi sebagai PNS Pemkab Muara Enim khususnya di Pemadam Kebakaran (Damkar) tersebut diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan korbannya salah satu kontraktor asal Prabumulih berinisial AS(45).


Dari keterangan tersangka dihadapan petugas, kejadian tersebut bermula dari dirinya yang menjanjikan bisa memberikan proyek pembangunan di Pemkab Muara Enim kepada korbannya berinisial AS, asal dengan syarat ada uang pelicin. 

"Awalnyo itu kan aku begawe di PU, jadi aku janji ke AS ini untuk ngasih gawean di Pemkab Muara Enim itu kurang lebih senilai Rp1 milyar. Tapi ado duet dulu (pelicin,red), nah dikirimnyo lah secaro bertahap mulai dari Rp90 juta, terus Rp60 samo Rp65 juta ke aku. Tapi oleh aku yang tadinyo di PU dipindah ke Damkar, jadi aku belum dapet gawean itu untuk dio. Nah, oleh mungkin dio ini dak sabar, samo aku jugo dak katek kabar jadi dilaporkenyo aku ini. Padahal biaso aku nyarike gawean," bebernya saat itu, Senin (27/02/2023).

Sementara itu, Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Bobby Eltarik SH MH, melalui Kanit Reskrim Polsek Prabumulih Timur IPDA Haryoni Amin SH mengatakan, lantaran pelaku tersebut tidak menepati janjinya dan korban mengalami kerugian sebesar Rp.215.000.000, korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Prabumulih Timur, mengingat TKPnya itu di Bank BCA Prabumulih, pada hari Jumat (15/07/2022). 

"Atas tindakan tersebut pelaku Mahmudin (46) ini kita jerat pasal 378 KUHP dan atau asal 372 KUHP tentang Penipuan dan atau Penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara," tegasnya. (01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!