Saturday, April 16, 2022

DPRD Prabumulih Gelar Reses Di Tiga Dapil, Bahas Soal Banjir Hingga Dampak Seismik


Foto : Muarsumsel.com

Anggota DPRD Prabumulih yang menggelar rese di Dapil I 


Prabumulih, Muarasumsel.com - Meski tengah menjalani ibadah puasa, tampak tak menyulutkan semangat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih untuk menyerap aspirasi warga melalui kegiatan Reses yang digelar di tiga Daerah Pemilihan (Dapil) Prabumulih, Sabtu (16/4/2022).

Pantauan dilapangan, untuk pelaksanaan reses di Dapil I yang meliputi wilayah Kecamatan Prabumulih Barat, Prabumulih Selatan dan Rambang Kapak Tengah ( RKT ) tersebut digelar di kantor Camat RKT, dengan dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Prabumulih Ir Dipe Anom, dan didampingi tujuh anggota dewan lainnya.


Penyerahan berkas Usulan dari salah satu Lurah ke pihak DPRD Prabumulih.

Sedangkan, Reses di Dapil II meliputi wilayah Kecamatan Prabumulih Utara dan Cambai tersebut digelar di kantor Camat Utara, yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo, bersama enam anggota dewan yang berasal dari Dapil II tersebut.




Sementara itu, Di Dapil III dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Prabumulih, Sutarno SE, yang saat itu bersama sembilan anggota dewan yang berasal dari Dapil Kecamatan Prabumulih Timur.

"Dari diskusi tadi banyak hal disampaikan (Camat dan Lurah, red)  baik permasalahan yang ada di Kecamatan Prabumulih Utara ini ataupun tempat lain. Termasuk didalamnya yang kami bahas salah satunya apabila debit air hujan tinggi di Kecamatan Prabumulih Utara khususnya di Kelurahan Mangga Besar yang mengarah ke Jalan Jendral Sudirman, di situ warganya sering terdampak banjir karena diakibatkan gorong-gorong yang ada di sekitar jalan itu kecil, termasuk sampai dengan ke arah sungai kelekar," kata Wakil Ketua I DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo, seraya menyebutkan nah itu perlu ditindak lanjuti secepatnya.



Meskipun ungkapnya, reses kali ini sebenarnya pihaknya akan lebih fokus ke pemulihan ekonomi karena dampak kondisi sekarang ini. "Memang kita akan lebih fokus pada pemulihan ekonomi, oleh dari itu kita instruksikan kepada Lurah untuk mendorong perekonomian warganya, karena itu yang paling penting saat ini. Namun, walaupun begitu kita tidak mengabaikan infrastruktur yang memang apabila sudah sepantasnya memang untuk dibangun kita akan fokus ke situ, tapi saat ini lebih kepada pemulihan ekonomi yang paling penting," terang Palo biasa disapa. 

Selain itu, terkait dengan seismik sambungnya, juga banyak diresahkan warga. "Memang disampaikan bahwa ada di dua Kelurahan di Kecamatan Prabumulih Utara ini ada warga yang terdampak dan kami sampaikan kepada pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan baik-baik, mediasi sehingga tidak saling merugikan," tandasnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua II Ir Dipe Anom menuturkan, tujuan reses hari ini sebagaimana biasanya untuk menampung aspirasi warga yang disampaikan oleh masyarakat melalui Kades maupun Camatnya yang mungkin tidak terakomodir baik di Musrenbang maupun yang masih berkembang saat ini di masyarakat. "Walau saat ini kan sudah melalui atau sudah lewat masa anggaran atau tahun awal anggaran. Namun apa yang disampaikan hari ini mungkin ini lah hal-hal yang mungkin akan kita bawa di pembahasan APBD perubahan maupun APBD yang akan datang nantinya," Tukasnya, sembari mengatakan tergantung sifatnya apakah prioritas atau belum.(01/Adv).
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!