Friday, April 1, 2022

Dirjen Binalavotas Hadiri Groundbreaking BLK UPTP Prabumulih


Foto : Muarasumsel.com


PRABUMULIH, Muarasumsel.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih mengadakan kegiatan peletakkan batu pertama pembangunan BLK UPTP Prabumulih oleh Kementerian Ketenagakerjaan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi dengan Dana APBN Tahun Anggaran 2022, di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Tanjung Raman, Kota Prabumulih, Jumat (1/4).

Dirjen Binavalotas Kemnaker RI, Budi Hartawan dalam kesempatan itu menyebutkan, BLK UPTP merupakan 1 dari 18 provinsi yang akan dibangun oleh Kementerian. "Pembangunan BLK di Prabumulih ini, merupakan percontohan dan pertama kali nya," ujarnya.



Bukan hanya di Prabumulih, namun nantinya akan berfungsi untuk 17 kabupaten/kota di Sumsel. "Disini nantinya akan ada kios tenaga kerja yang akan memberikan informasi seputar lowongan pekerjaan. Terkait berapa banyak kesempatan kerja yang akan tercipta dan akan menentukan kejuruan apa saja yang diminati sehingga begitu lulus akan dapat langsung bekerja," sambungnya.

Sengaja dipilih Prabumulih, karena mempunyai lokasi yang strategis dan nantinya akan dilengkapi dengan exit tol di sekitar kawasan BLK yang digunakan 17 kabupaten/kota. "Kita berharap masyarakat di Prabumulih dan Sumsel bisa meningkatkan kompetensi dan mengisi lowongan di pasar kerja yang tersedia," imbuhnya.




Nantinya juga ada 11 Kejuruan standar dibikin contohnya las, listrik, jahit dan lainnya dimana nanti lulusan BLK akan mendapatkan sertifikat. "Nanti kita juga akan membentuk forum komunikasi dan insdustri," sebutnya mengaku September target selesai pembangunan tahap awal.

Wali Kota Prabumulih, H Ridho Yahya mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Tenaga Kerja RI yang telah membangunkan BLK di Kota nanas. "Kita ucapkan terimakasih, nantinya BLK ini akan difungsikan untuk seluruh kabupaten/kota di Sumsel," imbuhnya.

Bahkan, kata dia. Pelatihan di UPTP BLK nantinya dilatih sesuai dengan permintaan pasar. "Jadi pengurangan pengangguran benar-benar real, karena disiapkan sesuai dengan permintaan pasar," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, juga diadakan kegiatan potong sapi dan dibagikan kepada warga sekitar. (*/Adv)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!