Monday, December 6, 2021

Gelar Lomba Desain Motif Jumputan, Ridho : Harus Lebih Eksplorasi Olahan Nanas Agar Jadi Pendapatan



Foto : Ist

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM bersama Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 

PRABUMULIH, Muarasumsel.com - Buka secara resmi Lomba Desain Motif Jumputan berbahan Limbah Nanas dan Final Festival Musik Daerah Kota Prabumulih, Senin (6/12/2021). Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, berharap lomba tersebut jadi ajang munculnya inovasi baru olahan Nanas, yang dapat menjadi sumber pendapatan terutama bagi petani nanas.

 

Lomba gelaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih dan bekerjasama dengan Dekranasda Kota Prabumulih tersebut bertempat di Hall Siang Malam Kota Prabumulih. Yang dihadiri langsung Ketua Dekranasda Kota Prabumulih, Hj Suryanti Ngesti Rahayu Ridho, yang di dampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Prabumulih, Hj Reni Indayani Fikri, dan Ketua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron.

 

Dalam sambutannya, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menyampaikan, lomba tersebut merupakan ajang kreasi dengan ciri khas Bumi Seinggok Sepemunyian yakni olahan nanas.

 


"Ini ajang berkreasi, kreasi desain dari limbah nanas. Karena kan kota Prabumulih dari dulu terkenal dengan nanas. Nah, tinggal lagi bagaimana kita bisa mengeksplorasi nanas tersebut menjadi inovasi-inovasi yang menambah pendapatan. Terutama petani nanas, karena seperti yang sudah ada olahannya itukan, contohnya, dari buah nanas di jadikan selai nanas, sedangkan daunya di jadikan benang sehingga hasilnya jadi kain jumputan," terang Ridho saat itu.

 

Nah, dari ajang ini tuturnya, diharapkan akan banyak inovasi baru yang muncul. “Selain itu kito juga berharap bukan hanya olahan nanas yang kian menonjol tapi dari sisi tarian khas Prabumulih juga kito harapkan makin diminati,” sebutnya.

 

“Bahkan kalo biso kito harapkan kedepannyo itu tarian kito jadi tarian penyambutan jadi jangan cuma tarian Ganding sriwijaya," tukasnya.(01)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!