Friday, August 20, 2021

Inovasi, UMKM Majasari Ubah Ampas Tahu Jadi Kerupuk Bernutrisi Tinggi

Foto : doc Muarasumsel.com

PROSES : Kelompok Wanita UMKM Kelurahan Majasari saat melakukan pembuatan olahan Kerupuk dari Ampas Tahu.


Prabumulih, Muarasumsel.com - Banyaknya limbah ampas tahu yang semula hanya terbuang sia-sia dan sedikit dilirik menjadi pakan hewan ternak. Kini di ubah kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan menjadi Kerupuk lezat bernutrisi tinggi. 

Ide yang di gagas oleh para ibu rumah tangga tersebut, berawal dari banyaknya ampas tahu yang terbuang dari pabrik tahu di sekitar tempat tinggal mereka. Namun, mengingat kandungan nutrisi yang terdapat di kacang kedelai itu baik untuk tubuh, akhirnya kelompok wanita tersebut mencoba membuat olahan kerupuk dari ampas tahu yang diberi nama kerupuk Okara.  

"Ampas tahu ini kan banyak idak dimanfaatkan sebelumnyo, kecuali untuk pakan ternak. Nah, dari situ kito punyo ide bagaimana caranyo supaya ampas tahu ini bisa bermanfaat lagi dan bernutrisi tinggi. Dan setelah dicoba-coba jadilah kerupuk Okara ini yang sebelumnyo dibuat menjadi tepung dulu," ujar Sumi, warga Kelurahan Majasari yang juga salah satu Penggagas Kerupuk olahan dari ampas tahu tersebut.

Bahkan, sambungnya, olahan kerupuk mereka tersebut kini sudah banyak diminati dan dipasarkan di lingkungan tempat tinggal mereka. "Sekarang alhamdulillah sudah banyak yang tau, karna kito juga sudah jual kerupuk okara ini di warung-warung dekat rumah kito ini," jelasnya, ketika dibincangi diacara pembuatan olahan kerupuk Okara tersebut, Jumat (20/8/2021).

Sementara itu ditempat yang sama, Lurah Majasari, Susi Windasari S.Km mengaku, sangat mendukung warganya yang mau berinovasi dan aktif dalam memajukan Kelurahan Majasari. Apalagi mengubah limbah jadi makanan yang bernilai ekonomi. "Inovasi ini kan berawal dari lingkungan jadi bagaimana kita mengelola limbah yang tidak terpakai ini menjadi bernilai ekonomi. Jadi insyaallah kedepannya untuk lebih memajukan hasil usaha ini kita rencananya akan bekerjasama dengan ibu-ibu TP-PKK dan ibu KWT Kelurahan untuk memasarkan produk ini. Karena sementara ini masih dipasarkan di warung terdekat dan lingkungan sekitar," tambahnya yang saat itu didampingi Camat Prabumulih Selatan, Sukarno.

Namun, kedepannya lagi, wanita yang biasa di sapa Susi ini berharap usaha ini nantinya dapat tersebar bukan hanya di kota Prabumulih tapi ke luar Prabumulih juga. "Sebab inysaallah bila nanti mengenai izinnya sudah lengkap, kita rencananya akan promosikan di minimarket dan toko-toko yang lebih besar melalui Dinas terkait. Dan bisa tersebar di dalam maupun luar kota Prabumulih,"pungkasnya seraya menerangkan saat ini untuk pembelian kerupuk olahan tersebut juga dapat secara online dengan menghubungi nomor salah satu penggagasnya 082372342268. (02)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!