Thursday, January 28, 2021

BSB dan IPEMI Sinergi Dukung UMKM Prabumulih

 


Prabumulih Muarasumsel.com - Ditengah pandemi covid-19, Bank Sumsel Babel dan IPEMI Cabang Prabumulih bersinergi memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kota Prabumulih. 

Berbagai program pun kini diluncurkan keduanya, seperti Bank Sumsel Babel Cabang Prabumulih yang meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro dan KUR kecil. Sedangkan, IPEMI 
rutin menggelar kegiatan bermanfaat seperti Cooking Class dan Demo Masak langsung dari ahlinya yang digelar di pendopoan rumah dinas, Kamis(28/1/2021).



Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, disituasi seperti ini kita tidak tau sampai kapan dan protokol kesehatan itu hal yang utama. "Tapi ya aktifitas ekonomi harus bisa berjalan sebagaimana mestinya sebab mereka (masyarakat, red ) ini butuh makan dan minum, ditambah tidak semuanya dapat bantuan dari pusat, serta untuk berusaha sendiri mereka banyak terkendala. Nah, jadi kita sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan seperti ini, karena melalui acara ini menjadi salah satu upaya untuk membantu meningkatkan ekonomi khususnya di kota Prabumulih ini," terangnya usai menghadiri acara tersebut.

Bahkan tambahnya, dengan Bank Sumsel Babel yang juga menyediakan pinjaman usaha dengan bunga lunak tersebut tentu akan semakin membantu masyarakat. "Jadi protokol tetap hal yang utama, tapi yang kita harapkan aktifitas ekonomi seperti biasa juga tetap berjalan," tandasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin menuturkan. "UMKM ini harus kita dukung, Kita suport, karena melalui UMKM inilah bangsa ini bertahan dimasa pandemi ini. Kalau UMKM tidak berjalan bangsa ini bisa anjlok," ujar Tian saat itu.

Bahkan dikatakannya, melalui KUR mikro dan kecil tersebut dikhususkan untuk pengusaha yang ada di Kota Prabumulih. "BSB menyediakan bunga lunak sebesar 6 persen  bagi mereka yang ingin mengajukan pinjaman dalam bentuk modal usaha," katanya.

Serta, BSB juga menyediakan konsultasi gratis bagi pengusaha UMKM yang baru memulai usaha. "Banyak juga yang belum ada usaha tapi memiliki minat dan bakat. Nah, jadi kami pengen tahun 2021 ini punya komunitas misalnya komunikasi memasak lele, komunitas roti. Komunitas ini kita kumpulkan ketuanya, kemudian data anggota yang memiliki potensi untuk usaha," bebernya.

Selanjutnya, terhadap yang memiliki potensi inilah, pihaknya akan membantu modal. "Kita akan bantu modal, bagi usaha yang memilki potensial tahun 2021 ini. Seperti kuliner ini, cukup stabil menurut kami karena ini kebutuhan pokok. Jadi usaha yang berjenis kebutuhan pokok kami akan support di 2021," tukasnya.

Hal senada juga disampaikan, Ketua IPEMI Prabumulih, Siska Amelia Nasril, bahwa kegiatan tersebut salah satu upaya dalam rangka mengembangkan Wawasan di Bidang Kuliner. "Dan meningkatkan Pendapatan Wirausaha (UKM) yang ada di Kota Prabumulih," pungkasnya. (01)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!