Wednesday, December 23, 2020

Lagi, Pemkot Prabumulih Bantu Alat Dagang, BSB Beri Pinjaman Modal

Walikota Prabumulih dan Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih saat menyerahkan bantuan kepada pedagang secara simbolis.


Prabumulih, MUARASUMSEL.COM - Di penghujung tahun 2020, sebanyak 125 bantuan alat usaha dagang berupa gerobak dan etalase kembali diberikan Pemerintah Kota Prabumulih kepada pedagang keliling dan kuliner. 

Tak hanya itu, Bank Sumsel Babel Cabang Kota Prabumulih pun juga turut andil dalam kegiatan tahunan tersebut, dengan memberikan pinjaman modal usaha bagi para pedagang tersebut nantinya dengan nilai mencapai Rp 1 juta rupiah. 

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, meski program ini dulu sempat terhenti tapi sekarang bisa jalan lagi. "Ini sesuai konsep kito, memberi pancing bukan memberi ikannya. Jadi orang selamo ini bedagang kito bantu alatnyo kito bantu modalnyo. Nah banyak program pemerintah itu malah membuat orang malas, biso bae kito kasih duet Rp 300 sebulan, tapi itu tidak mendidik dio, bahkan seolah jadikan pengemis. Tapi kalo ini kan mereka bedagang, mereka berusaha. Bahkan mendidik masyarakat karena membuat mereka lebih giat begawe," ungkapnya saat diwawancarai, Rabu (23/12/20).

Ditanya bantuan apa saja yang diserahkan, Walikota dua periode ini menyebutkan, bantuan tersebut bervariasi ada etalase dan gerobak. "Sekitar 125 gerobak dan etalase, sama bantuan pinjaman modal dari Bank Sumsel Babel senilai 1 juta per orang," tandasnya. 

Sementara itu, ditempat yang sama, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin menambahkan, Bank Sumsel Babel memberikan pinjaman dengan bunga lunak berupa KUR ( kredit Usaha Rakyat ) senilai 1 juta per orang dan ini tidak dipaksa. "Jadi dari penerima bantuan ini nanti mereka datang ke kantor kita dan kita akan cek syarat-syaratnya seperti kita cek usahanya, kalau lengkap kita akan berikan pinjaman. Dan data tersebut kita ambil dari Disperindag jadi diluar dari data itu tidak bisa," tuturnya. 

Menurutnya, pinjaman dengan bunga lunak tersebut tentunya tidak memberatkan pedagang tersebut nantinya. "Sebab pinjaman Rp 1 juta tersebut nantinya akan dicicil selama 1 tahun dengan angsuran Rp85 ribu perbulannya," tukasnya seraya mengatakan ringankan. (01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!