Thursday, August 6, 2020

Urus Surat Menyurat Di Kelurahan Majasari Lebih Cepat Pakai Aplikasi SIMMAS



Prabumulih, MUARASUMSEL.COM - Kabar gembira bagi masyarakat Prabumulih khususnya warga Kelurahan Majasari yang ingin mengurus surat menyurat dengan lebih cepat di kantor Kelurahan Majasari. 

Bagaimana tidak, proses pembuatan surat menyurat yang biasanya bisa memakan waktu lebih dari tiga jam, belum lagi ditambah antrian panjang di kantor Kelurahan tersebut, kini dapat dipersingkat menjadi kurang dari satu jam dengan hanya menggunakan aplikasi SiMMAS (Sistem Masyarakat Majasari Smart ). 

Bertempat di kantor Kelurahan Majasari, Kamis(7/08/20), aplikasi berbasis online tersebut resmi di Launching Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM dan siap digunakan seluruh warga Kelurahan Majasari yang akan berurusan surat menyurat nantinya. 

Usai melaunching aplikasi SiMMAS, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM saat diwawancarai menuturkan, inovasi seperti ini lah yang diharapkan terus muncul dari tiap-tiap kelurahan di kota Prabumulih. "Inovasi ini yang selalu kita cari, selalu kita dengung-dengungkan terus, dan inovasi ini datang dari kelurahan. Jadi soal inovasi juga jangan anggap masyarakat kita remeh karena seperti program pemerintah yang menjadi percontohan sekarang itu (inovasi, red) dari masyarakat," katanya saat itu. 

Bahkan kedepan dirinya menantang  Pemerintah Kota Prabumulih dalam hal ini OPD untuk bersaing dengan pihak kelurahan mengenai program-programnya. "Jangan sampai pemkot kalah dengan kelurahan makanya kita tantang tadi. Dan kalo ada inovasi itu sampaikan, karena walaupun aku sesibuk apapun aku akan datang. It sangking bangganya aku dengan adanya kelurahan yang inovasinya tinggi," bebernya. 

Untuk itu lanjutnya, kedepan diharapkan tidak hanya satu kelurahan ini saja yang ada inovasi seperti ini. Tapi daerah lain juga memiliki terobosan-terobosan baru nantinya. "Bahkan akan kita kasih reward bagi Lurah yang berinovatif nantinya,"diakhirinya seraya menyebutkan begitu juga bagi ketua RT yang rencananya juga akan berikan reward. 

Sementara itu, di tempat yang sama, Lurah Majasari, Inggit menambahkan, sistem pelayanan masyarakat majasari smart ini dibuat untuk mendukung salah satu program kota Prabumulih untuk menjadi kota smart city. "Jadi kami berinovasi untuk mempermudah masyarakat berurusan di kelurahan Majasari dengan aplikasi SiMMAS ini, jadi cukup mereka dirumah saja biar kami yang bekerja," terangnya saat itu.

Ditanya apa fasilitas-fasilitas yang dimiliki aplikasi SiMMAS tersebut ?. Disebutkannya, seluruh keperluan urusan masyarakat di kantor kelurahan ada di aplikasi tersebut. "Seluruh urusan, dengan cara kerja sistem itu mereka cukup buka web aplikasi itu melalui google chrome, dan setelah masuk  ke web SiMMAS pilih menu mau berurusan apa mereka, dan aplikasi ini online jadi setelah mereka selesai mengentri data maka data mereka akan tersimpan dan selanjutnya kami menindak lanjuti keperluan mereka berdasarkan data yang ada di web tersebut. Selanjutnya mereka akan kami hubungi melalui Whatsapp (WA)," jelasnya. 

Kemudian, kembali ditanya aplikasi tersebut lebih efisien ?. Menurutnya, aplikasi tersebut tentu sangat efisien. "Menghemat banyak terutama menghemat waktu, karena sekitar 5 menit saja sudah bisa. Sedangkan sebelumnya masyarakat kalo berurusan di kelurahan itu cukup memakan waktu, bahkan bisa sampai tiga jam lebih," tukasnya sembari menyebutkan alasan lain dibuatnya aplikasi tersebut juga lantaran memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini, serta di masa pandemi covid-19 ini juga menjadi salah satu alasan pihaknya untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.(01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!