Wednesday, July 29, 2020

Target 400, Baru 85 Pasangan Daftar Itsbat Nikah


Prabumulih, MUARASUMSEL.COM -  Pendaftaran itsbat nikah bagi masyarakat kota Prabumulih yang rencananya bakal ditutup bulan Oktober mendatang, kini baru diisi oleh 85 pasangan. 

Padahal untuk tahun 2020 ini Pemerintah Kota Prabumulih mentarget sedikitnya 400 pasang akan di Itsbat Nikahkan. 

"Sampai dengan sekarang baru 85 pasang yang sampaikan data. Itu pun semuanya dari wilayah Kecamatan Cambai," ujar PPTK Itsbat Khairudin, saat dibincangi Rabu(29/7/20).

Ditanya bagaimana dengan wilayah Kecamatan lainnya, mengapa belum ada yang menyampaikan data warga yang hendak memiliki buku nikah tersebut ?. Disebutkannya, daerah lain itu mengalami keterlambatan dan hal itu lantaran mungkin masih menunggu biodata warga tersebut. "Jadikan yang di itsbat nikah kan ini merupakan warga yang telah melakukan pernikahan secara sah (agama, red) dan untuk pernikahan yang pertama, bukan untuk istri kedua atau seterusnya," terangnya sembari menyebutkan maka datanya harus jelas.

Sebab sambungnya, apabila data warga tersebut tidak sesuai maka pihak pengadilan agama nantinya dapat menolak atau membatalkan itsbat nikah warga tersebut. 

"Untuk itu kita menghimbau masyarakat kota Prabumulih yang ingin pernikahannya diakui (negara, red), segera mendaftar ke Pemerintah setempat sebelum pendaftaran berakhir pada bulan delapan nanti. Karena target kita akan mengitsbatkan 400 pasang,"tandas pria yang biasa disapa Udin ini.(01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!