Thursday, June 25, 2020

5 Desa Di Prabumulih Bakal Ubah Status, Jadi Desa Berkembang


Prabumulih, MUARASUMSEL.COM - Sebanyak enam Desa di kota Prabumulih dalam waktu dekat bakal mengalami peningkatan status, dari Desa Tertinggal menjadi Desa Berkembang. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kota Prabumulih, Fauzan. "Sekarang (5 Desa) lagi pendataan, hasilnya nanti, belum. Tapi kita optimis Desa tersebut nanti akan meningkat dari Desa Tertinggal ke Desa Berkembang," ujarnya, Kamis(25/6/20). 

Ditanya adakah pengaruh bila desa tersebut sudah naik status?. Dikatakannya, untuk pengaruh kemungkinan ada tapi belum tahu seperti apa, apakah akan mempengaruhi dana desa yang akan naik atau justru turun. "Hanya saja memang Desa yang kita usulkan itu sudah layak berkembang," ungkapnya.

Adapun ke lima desa tersebut diantaranya Desa Pangkul, Muara sungai, Kemang tanduk, Tanjung Telang, dan Tanjung Menang. Sementara Desa Karya Mulia memang sudah lebih dulu naik status menjadi Desa berkembang.

Ditempat yang sama, Kabid Pemdes, Fathan Mubina menambahkan saat ini pihaknya masih melakukan update data terhadap lima desa tersebut. "Butuh waktu seharian untuk mengupdate data. Karena ada ratusan item yang harus diisi," bebernya sembari menyebutkan dalam pengisian data turut dihidari pihak terkait seperti Camat, petugas Puskesmas, pihak Paud dan lainnya.

Namun, sambung Fathan, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian diantaranya mengenai peningkatan ekonomi dan sosial. "Yang dilihat ya ada tidaknya fasilitas kesehatan, pendidikan, dan lainnya," katanya. 

Kembali ditanya apakah naik status tersebut akan mempengaruhi nilai Dana desa yang diterima nantinya?. Dijelaskan Fathan, kalau desa tersebut naik tingkat maka akan ada kompensasi lain. "Untuk perhitungan dasar memang turun tapi dengan stastusnya naik tentu ada juga anggaran yang akan naik, seperti misalnya untuk anggaran kinerja," pungkasnya sambil menyebutkan tingkatkan selanjutnya setelah Desa Berkembang yakni Desa Maju, kemudian naik lagi menuju Desa Mandiri.(01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!