Wednesday, March 4, 2020

Keberadaan Masker Di Prabumulih Kian Langkah

Suasana apotek Kimia Farma yang ada di kelurahan Muara Dua, kota Prabumulih, Rabu(4/3/20).

Prabumulih, MUARASUMSEL.COM -Sulitnya mencari masker saat ini tampaknya bukan hanya dirasakan warga diluar kota Prabumulih saja. Namun, keberadaan masker di Bumi Seinggok Sepemunyian ini pun kian hari kian langkah. 

Bagaimana tidak, berdasarkan dari pantauan Muarasumsel.com di sejumlah apotek maupun pusat perbelanjaan yang ada di sepanjang jalan Sudirman kota Prabumulih tersebut, diketahui tak ada satu pun yang menjual masker baik masker satu kali pakai ataupun masker lainnya yang sesuai dengan standar kesehatan. 

Putri, Asisten Apoteker di Apotek Kimia Farma ini saat dibincangi mengatakan, sudah sejak lama pihaknya kehabisan stok masker. "Masker kosong, kurang lebih berapa bulan ini memang," ujarnya saat diwawancarai, Rabu(4/3/20).

Ditanya apa penyebab habisnya masker tersebut?. Dirinya mengaku hal itu karena banyak orang yang membeli masker itu. "Setiap kesini banyak yang cari masker memang, bahkan sebelum ado kabar warga Indonesia terkena virus itu," sebutnya saat itu. 

Kembali ditanya berapa harga masker yang banyak dicari orang tersebut ?. Dibeberkannya, untuk harga per kotaknya itu biasanya Rp 50 ribu. "Tapi kalau untuk 1 masker sekali pakai itu harganya dipatok tidak lebih dari Rp2 ribu," ungkap wanita berhijab ini. 

Disinggung mengenai stok, dirinya mengaku tak mengetahui pasti berapa jumlah stok masker tersebut sebelumnya, mengingat dirinya terhitung baru bergabung di apotek tersebut. "Untuk stok kita tidak tau karna aku baru disini," sebutnya. 



Kemudian ditanya apa saja yang banyak orang cari selain masker saat ini ?. Dikatakannya, selain masker ada juga yang beli minuman seperti vitamin tubuh. "Dan kita pun bagi yang cari masker tapi tidak dapat ya kita tawarkan minuman imun atau daya tahan tubuh. Untuk cegah virus dari dalam tubuh," jelasnya yang saat itu didampingi rekan kerjanya. 

Di tempat yang sama, Erwin warga Muara Dua Kabupaten Oku Selatan yang mampir di apotek Kimia Farma tersebut diketahui sengaja berhenti karena hendak membeli masker. "Dengar kabar virus corona itu lah di Indonesia ya kito khawatir jugo jadi sengajo cari masker disini. Tapi dari arah Palembang sampe ke Prabumulih ini sudah berapo kali apotek yang aku datangi samo bae, kosong galo masker," ucapnya ketika itu.

"Dan dari pada idak ado pencegahan samo sekali, jadi aku beli minuman imun ini bae," tuturnya sembari membayar belanjaannya itu.

Sementara itu, secara terpisah Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Mursal M menambahkan, pihaknya pada selasa(3/3/20) malam telah melakukan pengecekan ke sejumlah apotek di kota Prabumulih guna mengetahui langsung stok masker disini. "Bahkan Kapolres Prabumulih yang turun langsung ke apotek-apotek itu. Dan memang kita tidak menemukan ada yang jual masker disana, kebanyakan sudah habis," tukasnya singkat.(01)

Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!