Wednesday, September 4, 2019

Datangi Pemkot Prabumulih, Puluhan Bendaharawan Kota Payakumbuh Terpukau

 Rombongan ASN Pemkot Payakumbuh, Sumatera Barat ketika bersama Walikota Prabumulih

//Sekretaris BKD Payakumbuh Beri "Jempol" Walikota Prabumulih

Prabumulih, MUARASUMSEL.COM - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat diketahui mendatangi kantor Pemkot Prabumulih, pada Rabu(4/9/19) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kedatangan puluhan ASN yang diketahui sehari-harinya bertugas sebagai Bendaharawan di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Payakumbuh tersebut, tak lain hanya untuk melakukan studi refrensi di Pemkot Prabumulih. 

Pantauan Muarasumsel.com, dengan mengenakan dua bis besar biasa untuk transportasi lintas Provinsi, rombongan bendaharawan tersebut tiba dihalaman kantor Pemkot Prabumulih. Dan langsung disambut hangat Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM beserta jajaran di ruang rapat lantai 1 Pemkot Prabumulih.

Suasana saat rombongan ASN Payakumbuh mendengarkan paparan program dari Walikota Prabumulih

Pertemuan dua jajaran pemerintahan itu pun berlanjut hingga Walikota Prabumulih memaparkan program-program unggulan yang ada di kota Prabumulih. Mulai dari program infaq pegawai, gas kota, pengetasan kemiskinan, bedah rumah dan tempat ibadah, serta beberapa program lainnya. Yang tampak satu persatu menarik perhatian bendaharawan Payakumbuh saat itu. Bagaimana tidak, pertemuan yang jarang terjadi tersebut berlangsung hingga 4 jam lebih, dan tingginya antusias antar kedua belah pihak dalam berbagi informasi.

Hal itu pun diakui oleh Sekretaris Badan Keuangan daerah (BKD) Pemkot Payakumbuh, Eri Miati yang mengaku tak salah memilih Prabumulih sebagai tempat untuk studi refrensi jajaran Pemkot Payakumbuh. "Kita dapat informasi Prabumulih itu kan karena kami sudah online ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) dan disitu kami tau bagaimana Opini BPK Prabumulih, yang sudah dapat berapa kali. Jadi kami pilih Prabumulih, terlebih setelah kami lihat paparan program oleh Walikotanya tadi itu, memang kami tepat sasaran melakukan studi banding dan saling sharing tentang kebijakan, serta masalah keuangan sama pengelolaan keuangan daerah ke Prabumulih ini," sampainya saat itu. 

Bahkan lanjut dikatakannya, setelah tau lebih dalam mengenai Prabumulih, ternyata memang bagus sekali Prabumulih. "Tujuan utamanya memang untuk masyarakat, apapun dari Walikotanya keuntungannya untuk masyarakat, komitmen Walikotanya memang berhasil, kami kasih jempol untuk Walikotanya. Dan oleh dari itu banyak hal yang akan kami bawa ke Payakumbuh dari Prabumulih. Terlebih mengenai program infaq pegawai, kesehatan, hibah, pokoknya semua yang positif akan kita sampaikan di daerah kita. Jadi banyak oleh-oleh dari Prabumulih yang kita bawa," sebutnya. 

"Apalagi kami juga membuat laporan terkait perjalanan ini, jadi banyak hal yang akan kita sampaikan ke kepala daerah kita," tandasnya seraya mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Prabumulih. 

Sementara itu, saat diwawancarai Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menyebutkan bahwa kedatangan pegawai Pemkot Payakumbuh ke Prabumulih tersebut dalam rangka studi refrensi, tepatnya mengenai pengelolaan keuangan daerah yang dalam laporan keuangan Prabumulih selalu tercepat. "Mereka mengapresiasi kita dalam hal laporan keuangan tercepat di Indonesia. Dan mereka menanyakan kiat-kiat bisa tercepat itu. Serta belajar-belajar yang lain juga," kata Ridho sembari menyebutkan Prabumulih meraih juara tiga tercepat dalam pelaporan keuangan. 

Dan itu lanjutnya dapat diraih Prabumulih lantaran Prabumulih komitmen membiasakan yang bener bukan membiasakan yang biasa. "Kita bisa terbaik itu karena dalam laporan pertanggung jawabannya kita tidak membiasakan kebiasaan biasa melaporkan laporan tidak sesuai ketentuan. Kalau seharusnya selesai di Desember, ya harus selesai di Desember. Jangan malah selesai di Januari dan itu kan dak boleh lagi, jadi harus membiasakan kebiasaan yang bener," tukasnya. (01)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!