Monday, July 22, 2019

Terima Bantuan Dari Hungaria Senilai Rp35 M, PDAM Bakal Aliri Air Bersih Menyeluruh Di Kecamatan Cambai

Acara serah terima SPAM IKK Cambai

Prabumulih, MUARASUMSEL.COM - Isu mengenai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya Kota Prabumulih yang dahulu dikabarkan akan dibantu oleh Pemerintah Hungaria dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya,  ternyata bukan isapan jempol semata. 

Pasalnya, walaupun kabar tersebut telah beredar lebih kurang selama 4 tahun yang lalu. Namun, akhirnya pada tahun ini (2019,red) pemerintah Hungaria yang diketehui telah bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia (RI) membuktikan hal tersebut, terbukti dengan memberikan bantuan kepada perusahaan pensupplai air bersih di kota Prabumulih senilai Rp35 Milyar.

Tepatnya, berupa serah terima Operasional Sistem Pengembangan Air Mpinum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) Cambai yang terletak di WTP Lubuk Guo Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai, pada hari Senin(22/7/19).

"Ya kita terima bantuan Hungaria melalui Pemerintah Pusat, dan berdasarkan informasi yang kita tau bantuan itu senilai Rp35 Milyar,"ujar Plt (Pelaksana Tugas) Fajar Kriswari yang dibincangi Senin(22/7/19).

Sambungnya, bantuan tersebut bukan berupa materi melainkan berupa non materi. "Berupa operasional SPAM IKK," terangnya.

Yang mana, lanjutnya, dalam per detik SPAM tersebur dapat menghasilkan 40 liter perdetik. "Jadi jangkauannya bisa untuk 3100 SR (Sambungan Rumah). Dan sekarang walau masih uji coba, jangkauan supplai air sudah sampai Muara Sungai," jelasnya sembari menyebutkan baru selanjutnya menyeluruh di Cambai, 
Sindur, Pangkul. 

"Jadi keuntungan adanya SPAM IKK ini kan terjangkaunya untuk pensupplaian air bersih ke wilayah ke Desa-desa khususnya di Kecamatan Cambai. Sehingga wilayah cambai yang selama ini belum tersentuh air bersih PDAM kita coba untuk supplai, walau bertahap," tandasnya seraya menyebutkan saat ini di Muara Sungai sudah terpasang 75 SR dan tahun ini akan ditambah 75 SR lagi.

Ditempat yang sama, Kasubdit Sistem Penyediaan dan Air Minum Wilayah II, Tano mengatakan, pengerjaan SPAM IKK tersebut memang kontraknya dimulai tahun 2016 dan baru selesai 2019. "Itu tidak ada masalah tapi kan pengerjaan SPAM itu dilakukan 36 titik salah satunya Prabumulih," katanya saat itu.

Lebih lanjut dijelaskannya, total anggaran untuk pembangunan SPAM tersebut berkisar Rp35 juta. "Dan itu hanya untuk pembangunan SPAM IKK Cambai saja," tutupnya yang juga menjabat Kepala Satker Pengembangan SPAM Strategis. 

Kemudian, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menambahkan, iya kita pastinya akan lebih kita tingkatkan lagi dalam mencari peluang-peluang bantuan di pusat. "Sebab saat ini kita sedang giat-giatnya untuk masalah air minum, karena gas kita seratus persen, rumah seratus persen jadi pasti lah kita akan giat-giat mencari peluang di pusat, bahkan kalo bisa ini kita dapat lagi," pungkasnya.(dew)
Share:
ingat pakai masker dan sering cuci tangan !!!